You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Kamis, 26 April 2012

Komputer Watson

Untuk lebih memahami organisasi dan arsitekstur komputer. Didefinisikan dulu arti dari organisasi dan arsitektur komputer terlebih dahulu.
  Arsitektur komputer : mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Organisasi komputer : mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Sedangkan superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol. Watson komputer adalah sebuah teknologi yang mampu mengkalkulasikan secara tepat untuk menjawab pertanyaan yang sangat kompleks, dengan menggunakan interface bahasa natural ungkap Guru Rao, yaitu seorang IBMers. Sehingga jika di implementasikan pada dunia enterprise maka teknologi Watson akan mampu menganalisa data warehouse terstruktur dan juga data warehouse yang tidak terstruktur untuk mendapatkan solusi BI  dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dan tepat.
Watson adalah sistem komputer yang didesain spesialisasi tanya-jawab. Mesin ini berbasisserver IBM Power7 dan peranti lunak tanya-jawab IBM DeepQA. Piranti lunak inidiciptakan untuk mampu menganalisis bahasa yang rumit, memberikan jawaban yangtepat atas petunjuk, seperti di Jeopardy!.

 Semuanya dilakukan secara bersamaan,dalam kecepatan tinggi, dan menganalisis informasi secara real time. Adapun mesinnya terdiri atas 90 server IBM Power 750 termasuk tambahaninput/output, jaringan, dan node pengontrol cluster dalam 10 rak. Total coreatau intinya adalah 2.880, dan RAM-nya mencapai 16 Terabita. Tiap server memakai delapan core prosesor dengan kecepatan 3,4 GHz dan empatthread untuk tiap core-nya. Proses kerjanya dilakukan secara paralel, yangcocok untuk DeepQA. Peranti-peranti lunak Watson dikerjakan dengan bahasa Java dan C++ sertamemakai sistem pendistribusi file Apache Hadoop, framework Apache UIMA(Unstructured Information Management Architecture), serta sistem operasi SUSELinux Enterprise Server 11. Watson mampu memproses data sebesar 500 Gigabita per detik. Ini setara denganAnda membaca sejuta buku dalam satu detik.

Watson dibuat dengan menggunakan teknologi parallel computing, berjalan dengan menggunakan Power7 processor dengan kemampuan 2,680 CPU core. Selain itu, Watson juga menyimpan informasi hingga 15TB didalam memory dan hanya 1TB saja yang digunakan secara konstan untuk memproses pertanyaan dan jawaban ungkap Rao said. Dengan menggunakan algoritma khusus, dan juga memanfaatkan input dengan bahasa natural membuat teknologi Watson tidak ada yang menandingi, sementara software lainya masih memanfaatkan algoritma yang di asosiasikan dengan query dan keyword. dan kita sendiri yang harus memutuskan untuk memilih informasi yang tepat. System ini mampu memproses informasi secara paralel, sambil menyimpan datanya di dalam memory, sehingga dengan metode ini teknologi ini telah mampu mengcut down masalah latency pada I/O dimana jika data disimpan pada disk. Dengan kombinasi in-memory processing, analytic dan juga advanced hardware membuat Watson mampu menjawab query pertanyaan dalam waktu 3 detik. Dari sisi file system, Watson menggunakan GPFS (general purpose file system) dan diusung software seperti Hadoop, yang akan memberikan kemampuan komputer ini untuk menganalisa data secara ke seluruh server. IBM juga akan bekerjasama dengan partnernya untuk membangun server dengan arsitektur semacam ini untuk dapat di gunakan pada enterprise perusahaan. Watson banyak di demontrasikan dalam dunia sains komputer, mirip dengan generasi sebelumnya, Deep Blue computer, yang mana pada tahun 1996 kalah bermain catur dengan Garry Kasparov dan pada tahun 1997 rematch, Kasparov juga kalah berturut turut setelah Deep Blue mengalami upgrade yang lebih powerfull. IBM ingin menampakan teknologi baru yang lebih manusiawi kepada kita dengan cara berinteraksi dengan komputer itu sendiri, dan juga kemampuan yang dimilikinya dalam memproses data. IBM juga menambahkan FPGA (field programmable gate array) untuk melakukan data prosesing yang lebih spesifik pada server, Selain menambah core untuk meningkatkan chip. IBM juga melakukan redesig server untuk mengurangi latency antara CPU dan memory, hal ini diperkenalkan melalui desain terbaru dari IBM EX5 server, yang mana ini sudah diperkenalkan pada tahun yang lalu dan sudah meninggalkan teknologi desain x86 server dengan menggunakan decoupling memory dan processors kedalam sistem yang terpisah. Proses pemisahan ini akan memberikan memory pool yang lebih besar, dan juga dapat menggunakan chip khusus yang di desain oleh IBM agar mampu berdampingan depan CPU untuk mengurangi latency antara memory dan processor.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Looking for best Information