You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Kamis, 26 April 2012

Dasar - Dasar HTML

HTML dan XHTML


žHTML (Hypertext Markup Language) merupakan sebuah bahasa markup, bukan bahasa pemrograman. Bahasa markup (Indonesia: markah) adalah bahasa yang mengombinasikan teks dan informasi tambahan mengenai teks tersebut. HTML merupakan dokumen standar yang digunakan untuk mendesain halaman web.
žPada awal tahun 2000, W3C (World Wide Web Consortium) membuat perubahan besar melalui XHTML (eXtensible Hypertext Markup Language). Ide dasarnya, dalam upaya meningkatkan kompatibilitas dokumen HTML, W3C menambahkan struktur dan ekstensibilitas XML (eXtensible Markup Language) ke HTML.
Struktur Dokumen HTML
žSetiap dokumen HTML harus diawali dengan tag <html> dan diakhiri dengan komplemennya, yakni tag </html> tag. Dokumen HTML juga menyertakan tiga pasang tag.
  • Tag <head> dan </head>: digunakan untuk menyatakan informasi mengenai dokumen HTML. 
  • Tag <title> dan </title>: digunakan untuk menambahkan title di title bar browser. 
  • Tag <body> dan </body>: digunakan untuk melingkupi semua teks yang terdapat di halaman HTML
žDi samping elemen utama di atas, masih terdapat berbagai jenis elemen yang dapat digunakan di dalam dokumen HTML. Salah satu elemen yang perlu diperhatikan adalah untuk penulisan komentar. Di HTML, komentar dinyatakan dengan tag <!-- dan diakhiri dengan tag -->.
KEBUTUHAN MINIMAl



Berikut ini adalah kebutuhan-kebutuhan yang minimal diperlukan:

a. WampServer

Paket web server Apache, PHP, dan MySQL. Alasan pemilihan paket bundel seperti ini dikarenakan praktis sehingga tinggal memfokuskan pada pemrograman.

b. Web Browser

Sangat disarankan menggunakan browser utama Mozilla Firefox. Adapun untuk pembanding, sebaiknya juga memanfaatkan browser lain.

c. Editor Teks

Editor teks untuk menuliskan kode-kode HTML pembentuk halaman aplikasi web (tidak diperkenankan menggunakan IDE seperti Dreamweaver dan sebagainya).

d. HTML Validator

Untuk menghasilkan dokumen HTML yang valid, diwajibkan memasang validator, misalnya berupa add-on pada browser Firefox.
Membuat Dokumen HTML
žSecara garis besar, struktur dokumen HTML terdiri dari dua bagian: header dan bodi. Di mana header mendefinisikan informasi mengenai dokumen, sedangkan bodi mendefinisikan tubuh atau isi dokumen.

<html>

<head>

<!-- Ini baris komentar, tidak diproses -->

<title>Ini judul dokumen</title>

</head>

<body>

Ini adalah teks di body

</body>



</html>

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Looking for best Information